Halaman

Minggu, 05 Mei 2013

Imam Ahmad bin Hambal dan Ziarah Kubur


Imam Ibrahim al Harbi adalah seorang ulama yang semasa dengan Imam Ahmad bin Hanbal, seorang ahli hadits bahkan juga seorang mujtahid. Beliau adalah salah seorang yang direkomendasikan oleh Imam Ahmad agar anaknya berguru kepadanya.

Dan Imam Al Buhuti Al Hambali mengutip perkataan Imam Ibrohim Al Harbi ini dalam kitabnya yang berjudul "Kasy-syaful-Qina' 2/69" sebagai berikut:

”قَالَ إِبْرَاهِيْمُ الْحَرْبِيُّ: الدُّعَاءُ عِنْدَ قَبْرِ مَعْرُوْفٍ الْكَرْخِيِّ التِّرْيَاقُ الْمُجَرَّبُ”

"Berkata Ibrohim Al Harbi: BERDOA DI MAKAM MA'RUF AL KARKHI ADALAH PENGOBATAN YANG MUJARAB"

Dan disebutkan pula dalam kitab Tarikh Baghdad 1/22 hal yang sama sebagai berikut:

أخبرنا إسماعيل بن أحمد الحيري قال أنبأنا محمد بن الحسين السلمي قال سمعت أبا الحسن بن مقسم يقول سمعت أبا علي الصفار يقول سمعت إبراهيم الحربي يقول قبر معروف الترياق المجرب

Gak usah diterjemahkan, sama kok isinya, cuma bedanya dengan sanad lengkap. dan dalam Imam Al Dzahabi juga menyebutkan hal yang sama dalam kitabnya Sayru A'lamin Nubala 9/343 dengan tidak menyebutkan sanadnya, tapi dalam kitab yang sama 17/539 menyebutkannya dan sama jalur periwayatannya.

Namun melihat fakta para Imam meriwayatkan atau mengatakan seperti ini, mereka yang suka menuduh para peziarah dan tawassul dengan tuduhan penyembah kubur, membuat bantahan-bantahan yang sama sekali tidak mencerminkan argumen yang kukuh dan dipercaya.